Perbedaan Aplikasi Ujian Online Berbasis Website dan Cloud

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah ujian online bukan? Hal tersebut sebab mungkin kita sudah terlalu sering melakukannya. Terlebih di keadaan yang masih belum stabil ini, segala sesuatu dialihkan dengan cara online, termasuk ujian yang mungkin biasa kita lakukan secara offline di sekolah.

Tapi, tahukah bahwa ternyata ujian online bisa dilaksanakan dengan aplikasi berbasis website dan cloud? Kira-kira apa sih perbedaan di antara keduanya? Yuk kita simak ulasan di bawah ini beserta kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada masing-masing kedua aplikasi tersebut.

Aplikasi Ujian Online Berbasis Website

Aplikasi ujian online berbasis website adalah aplikasi ujian yang menerapkan sistem pelaksanaan ujian berbasis komputer atau yang sering dikenal dengan istilah computer based test (CBT). Aplikasi ini memungkinkan sekolah untuk membuat ujian secara online baik menggunakan jaringan internet maupun LAN. Aplikasi ini dapat menampung nilai ujian peserta didik. Pada aplikasi ini, guru juga dapat melakukan pengaturan soal ujian.

Kelebihan

  1. Pelaksanaan ujian dengan batasan waktu yang ditentukan
  2. Soal ditampilkan dalam bentuk pilihan ganda
  3. Pemeriksaan hasil dilakukan oleh komputer sehingga lebih cepat dan akurat
  4. Hasil ujian dapat langsung dilihat oleh peserta

Kekurangan

  1. Peserta harus bisa mengoperasikan komputer karena CBT pada dasarnya hanya bisa digunakan melalui komputer
  2. Bila peserta tidak terbiasa menggunakan komputer, waktu pengerjaan bisa memakan waktu lama dan besar kemungkinan peserta tidak bisa menjawab soal dengan maksimal karena kehabisan waktu
  3. Perangkat komputer harus disediakan dan dalam kondisi baik agar menunjang pengerjaan soal. Mengurangi masalah teknis saat mengerjakan tes.
  4. Perlu aplikasi atau software tertentu sehingga komputer bisa digunakan untuk CBT.

Aplikasi Ujian Online Berbasis Cloud

Lembaga pendidikan tentu banyak menyimpan data seperti data peserta didik, mulai dari identitas, hingga prestasi selama menempuh pendidikan. Agar aman dan tersusun rapi, data-data tersebut lebih baik disimpan dalam sistem Cloud. Cloud atau komputasi awan adalah teknologi yang menggabungkan layanan internet dengan jaringan komputer untuk mengakses data secara bersama dalam satu server.

Kelebihan

  1. Menyimpan data dengan aman sebab cloud membuat data terkunci dan tidak bisa dibaca siapapun, termasuk penyedia Cloud. Hanya pemilik data, yang bisa mengakses menggunakan username dan password.
  2. Menggunakan aplikasi berbasis cloud, kita bisa lebih bisa menghemat biaya operasional. Kita tidak perlu banyak membeli perangkat hardware dan software seperti jika menggunakan sistem komputasi konvensional.
  3. Cloud memanfaatkan teknologi berbasis internet, sehingga pada penerapannya kita bisa menggunakan aplikasi berbasis cloud ini di mana saja dan dengan perangkat apa saja.
  4. Cloud atau komputasi awan didesain dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Pada dunia pendidikan, di mana kita sangat perlu menyimpan banyak data, aplikasi berbasis cloud sangat dibutuhkan.

Kekurangan

  1. Internet merupakan satu-satunya jalan menuju cloud computing. Ketika tidak ada koneksi internet atau jalur internet menuju cloud provider sedang bermasalah, secara otomatis akses ke mesin cloud computing akan terputus.
  2. Dengan menggunakan sistem komputasi awan artinya kita tengah mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada cloud provider. Karenanya, kita perlu mencari partner cloud computing yang sudah mempunyai sertifikat atau terstandarisasi ISO untuk menjamin keamananya.

Nah, itulah tadi perbedaan antara aplikasi ujian online berbasis website dan cloud. Semoga dengan informasi di atas, kita semakin bisa mengenali perbedaannya ya.

Saat ini, di Indonesia, sudah tersedia aplikasi ujian online berbasis cloud, lho. Aplikasi ujian online bernama Ujione ini mampu menampung peserta ujian hingga 5000 orang. Banyak bukan? Tapi tenang, bukan hanya itu, Ujione juga menyediakan berbagai fitur menarik yang akan membantu guru juga peserta didik dalam melaksanakan ujian. Tidak hanya ujian, namun ulangan harian, tugas, kuis juga bisa dilaksanakan menggunakan Ujione. Jadi mau mencoba merasakan pengalaman menggunakan Ujione? Ada uji coba gratis 60 hari, lho. Jadi tunggu apalagi?