Cumlaude: Pengertian, Syarat, dan Manfaatnya

aplikasi ujian online

Setiap prestasi pasti mendapatkan penghargaan, baik itu prestasi di bidang akademik maupun non-akademik seperti di dunia kerja, sosial masyarakat dan lainnya. Salah satu contoh prestasi di bidang akademik khususnya dalam ranah perkuliahan adalah cumlaude.

Semua mahasiswa pasti mendengar istilah cumlaude ini. Jika Anda adalah seorang mahasiswa pasti juga mengenal istilah ini. Akan tetapi sebagian dari mereka (mahasiswa) mengalami kebingungan, apa itu cumlaude? Dan apa manfaatnya mendapat cumlaude

Untuk itu, bacalah ulasan ini sampai selesai. Karena akan kami paparkan hal-ihwal tentang cumlaude ini. 

Pengertian Cumlaude

Secara etimologi, cumlaude asal katanya berasal dari Latin yang memiliki arti “with honor” atau “with praise”  yang artinya “dengan pujian”.  Sebagian kampus di Indonesia mengartikan cumlaude dengan “pujian”.  Sementara itu, menurut beberapa sumber, gelar ini juga disebut dengan “Latin honors”.

Penghargaan ini telah banyak dipakai di kampus-kampus berbagai dunia termasuk Indonesia sendiri. Tentunya tidak mudah dalam meraih penghargaan ini, pasti disertai dengan usaha yang ekstra. Mahasiswa yang mendapat predikat cumlaude ini pasti mendapatkan pandangan berbeda di masyarakat maupun dunia kerja.

Memang tidak ada standar paten yang memastikan berapa nilai IPK yang termasuk predikat cumlaude ini. Akan tetapi, mayoritas universitas di Indonesia memberikan predikat cumlaude kepada mahasiswanya yang IPK nya mencapai 3,5 sampai 3,7.

Selain itu, masih ada lagi penghargaan yang lebih tinggi dari cumlaude yaitu magna cumlaude dan summa cumlaude. Adapun magna cumlaude adalah gelar yang diberikan kepada mahasiswa yang IPK nya 3,8 sampai 3,9.

Sementara itu, nilai IPK yang sempurna yaitu 4,0 akan mendapatkan penghargaan summa cumlaude. Tentu semua predikat ini menjadi dambakan setiap mahasiswa. Sebab, dengan mendapatkan predikat-predikat tersebut, akan lebih mudah diterima ketika terjun ke dunia kerja atau di masyarakat.

Syarat Cumlaude

Untuk mendapatkan predikat cumlaude, tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Secara umum berikut ini syarat-syarat cumlaude:

  1. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) harus lebih atau minimal 3,50. Ini adalah syarat utama untuk predikat cumlaude yang tidak bisa di tawar. Jadi jika Anda sebagai mahasiswa ingin mendapatkan penghargaan cumlaude, usahakan nilai di atas standar tersebut. 
  2. Tidak ada mata kuliah yang mengulang. Di samping IPK di atas standar, lulus mata kuliah adalah syarat penting yang harus dipenuhi. Walaupun nilai Anda jauh di atas standar bahkan hampir sempurna, tidak mencapai cumlaude jika pernah mengulang atau tidak lulus mata kuliah.
  3. Lulus dengan tepat waktu. Banyak mahasiswa yang berlomba-lomba mendapatkan nilai IPK yang tinggi. Namun, terkadang lupa bahwa ketepatan waktu lulus kuliah adalah salah satu syarat cumlaude yang tidak bisa Anda lewatkan.

Demikianlah syarat cumlaude yang harus Anda penuhi jika ingin mendapatkan predikat cumlaude. Di samping itu, hal utama yang mendukung Anda untuk mendapatkan cumlaude adalah aktif mengikuti mata kuliah dan menyelesaikan tugas tepat waktu.

Dengan demikian, secara otomatis nilai Anda akan baik di setiap mata kuliahnya. Maka potensi untuk mencapai nilai IPK yang tinggi sangatlah besar. 

Cara Mendapatkan Cumlaude

Semua hal yang berharga pasti tidak didapat dengan cuma-cuma, berikut ini kiat-kiat untuk mendapatkan penghargaan cumlaude.

1. Mengetahui Syarat Penilaian

Salah satu syarat cumlaude adalah nilai IPK yang tinggi, yang mana IPK tersebut adalah akumulasi dari keseluruhan nilai mata kuliah. Maka mengetahui syarat nilai yang ditetapkan dosen adalah hal penting. Sehingga Anda dapat memenuhi syarat tersebut untuk mendapatkan nilai tinggi pada semua mata kuliah.

2. Aktif di Dalam Kelas

Sering kali para mahasiswa memandang sebelah mata pada cara yang kedua ini. Padahal aktif di dalam kelas sangat penting, setidaknya dosen akan lebih hafal dengan Anda dan menjadi nilai tambah tersendiri. Tentu harus Anda imbangi dengan adab, karena karena aktif bukan berarti tidak beradab.

Dengan aktif di kelas dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan nilai cumlaude. Yang jelas ini juga bukan satu-satunya cara, namun salah satu cara yang tak boleh Anda lewatkan.

3. Memenuhi Presensi

Sebagaimana kami sebutkan di atas, bahwa salah satu syarat cumlaude adalah tidak mengulang mata kuliah atau lulus semua mata kuliahnya. Maka memenuhi presensi dengan kehadiran setiap hari adalah langkah besar untuk lulus mata kuliah.

Betapapun Anda pandai di kelas jika Anda sering tidak hadir di jam-jam perkuliahan maka dosen enggan memberi nilai yang bagus. Akibat terburuknya adalah Anda tidak lulus pada mata kuliah tersebut, sehingga cumlaude hanya menjadi fatamorgana bagi Anda.

4. Kejar Nilai Bonus

Dosen selalu memberikan tugas-tugas kepada mahasiswanya. Karep kali dosen juga memberikan tugas yang sifatnya anjuran, dengar arti tidak wajib untuk mengerjakannya. Akan tetapi, dengan mengerjakan tugas tambahan tersebut, Anda akan mendapatkan nilai tambahan atau biasa disebut nilai bonus.

Kesempatan Anda untuk meraih IPK tinggi pun semakin besar. Bahkan jika Anda selalu mengerjakan tugas tambahan tersebut, nilai Anda bisa jadi yang terbaik. Pintu masuk predikat cumlaude pun terbuka lebar untuk Anda.

Manfaat Predikat Cumlaude

Setiap penghargaan pasti memiliki nilai kebanggan tersendiri bagi penyandangnya. Siapapun itu pastinya banga ketika menyandang penghargaan cumlaude. Setidaknya, dirinya sendiri dan orang tuanya yang merasa bangga. Di samping itu, ada manfaat-manfaat lainnya dari predikat cumlaud. Berikut ini rincian manfaatnya:

1. Potensi Besar Mendapat Kerja

Mahasiswa yang mendapatkan predikat cumlaude pasti lebih dipertimbangkan oleh perusahaan. Sehingga peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar. Di samping itu, instansi pemerintahan juga lebih memfokuskan perhatiannya kepada mereka yang mendapat predikat cumlaude

2. Kesempatan Beasiswa

Beasiswa merupakan bantuan tunjangan pendidikan dari pemerintah maupun lembaga tertentu yang diberikan kepada siswa atau mahasiswa. Tentu yang mendapatkan beasiswa ini telah memenuhi kualifikasi yang dibuat oleh pihak pemberi mahasiswa.

Predikat cumlaude menjadi nilai plus tersendiri dalam perekrutan beasiswa ini. Sehingga jika Anda menyandang penghargaan cumlaude, sangat kami sarankan untuk mendaftar beasiswa untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Akan tetapi perlu Anda ingat, persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tidak hanya cumlaude. Misalnya ada tes tulis, wawancara, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak ada kata leha-leha meskipun Anda membawa gelar cumlaude ini.

3. Mendapat Tempat Khusus untuk CPNS

Tak sedikit dari para mahasiswa yang cita-citanya menjadi PNS, jika Anda adalah salah satunya maka sangat kami anjurkan mengejar predikat cumlaude. Oleh karenanya, nilai Cumlaude memiliki banyak opsi untuk menembus CPNS. Sehingga peluang lolosnya semakin besar.

Selain itu, nilai passing grade yang ditetapkan untuk jalur cumlaude juga memperbesar potensi diterimanya CPNS. Oleh sebab itu, jika PNS adalah cita-cita Anda pastikan nilai IPK Anda tinggi.

4. Kebanggan Terhadap Diri Sendiri

Semua pasti merasa bangga dengan gelar cumlaude-nya, betapa tidak, penghargaan tersebut tidaklah mereka capai dengan mudah. Usaha yang keras bahkan sering tak jarang mereka sampai begadang semalaman demi menyelesaikan tugas kuliah. Sehingga predikat ini menjadi kenangan manis atas perjuangan mereka selama kuliah.

Kesimpulannya, gelar cumlaude adalah salah satu bukti kerja keras mahasiswa selama di bangku kuliah. Selain itu, cumlaude bisa jadi pertanda bahwa mahasiswa tersebut memiliki attitude yang  baik. Karena dosen mengambil nilai tak hanya dari segi akademik, akan tetapi juga attitude-nya.

Bagi Anda yang tidak mendapatkan gelar cumlaude tidak perlu malu apalagi berkecil hati. Sebab, kesuksesan bukanlah milik mereka yang menyandang gelar cumlaude, akan tetapi mereka yang bekerja keras, berani mengambil resiko, dan bekerja keras.

Sumber:

https://kumparan.com/berita-hari-ini/apa-itu-cumlaude-predikat-yang-diberikan-untuk-mahasiswa-1wRGFjGZdnp

https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/n-cumlaude-adalah/

https://rencanamu.id/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/apa-syarat-cum-laude-dan-gimana-cara-menjadi-mahasiswa-cum-laude

Mudah mengadakan ujian online serentak dengan Ujione
Dilengkapi juga dengan Quiz, Tugas serta Bank Soal

Trial 30 Hari. Daftar Sekarang
© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia