Teknik Belajar Pomodoro, Tingkatkan Fokus dalam Belajar

aplikasi ujian online

Belajar harusnya menyenangkan bagi banyak orang tetapi nyatanya, ada banyak orang yang tak bisa menikmati belajar. Mereka beralasan malas belajar karena tak bisa berkonsentrasi. Anda bisa menemukan percepatan belajar menggunakan teknik belajar Pomodoro.

Siapa penemu teknik belajar Pomodoro? Metode belajar ini pertama kali dikenalkan oleh Francesco Cirillo tahun 1980. Teknik Pomodoro bisa membantumu belajar dengan lebih efektif, efisien dan lebih produktif. Dalam waktu singkat, Anda bisa melahap lebih banyak buku, memahami lebih banyak materi pelajaran.

Teknik Pomodoro ini akan melatih Anda memiliki kebiasaan berkonsentrasi dalam belajar. Dalam jangka panjang, Anda akan terbiasa memiliki fokus dalam belajar walaupun tanpa alat bantu sama sekali.

Berapa lama teknik Pomodoro? Anda cukup fokus selama 25 menit untuk memperoleh hasil  belajar maksimal.

Apa yang membuat teknik Pomodoro efektif? Yuk, simak pembahasannya dalam artikel berikut.

Mengenal Apa itu Teknik Belajar Pomodoro

Teknik belajar Pomodoro adalah teknik belajar efektif dan efisien untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam belajar.

Memanfaatkan teknik belajar ini, Anda akan dipaksa untuk fokus belajar dalam rentang waktu tertentu. Waktu yang ditetapkan umumnya berdurasi 25 menit.  Namun, Anda bisa menentukan sendiri berapa waktu yang Anda inginkan dalam belajar.

Teknik belajar ini dilatarbelakangi oleh kemampuan konsentrasi manusia yang sangat terbatas. Prof Dr Hamka (Uhamka) Dr Rizki Edmi Edison Phd,  direktur studio Neurosains Universitas Muhammadiyah  dalam seminar dengan tema "Strategi Pembelajaran Berbasis Neurosains" di Uhamka menjelaskan bahwa rata-rata kemampuan siswa mendengar dan memahami hanya 20 menit.

Beliau menyarankan guru dan pendidik untuk memberi pembelajaran setiap 20 menit. Setelah itu bisa diisi dengan berdiri, cerita, humor atau tebak-tebakan. Jeda ini akan mampu mengembalikan konsentrasi dan fokus mereka sehingga mereka siap menerima pembelajaran selanjutnya.

William Wadsworth mengatakan bahwa Pomodoro Study Method: The Wildly Popular Time-Management Technique that will help you:stay motivated, avoid distractions, stay focused and get more done! 

Ringkasnya, metode belajar Pomodoro merupakan teknik manajemen belajar yang populer dan penggunaannya luas. Teknik ini membantu Anda lebih termotivasi, menghindari gangguan, lebih berfokus dalam belajar dan menyelesaikan lebih banyak tugas.

Manfaat Teknik Pomodoro

Belajar dengan menerapkan teknik Pomodoro memberikan dampak positif bagi penggunanya. Beberapa manfaat menggunakan teknik Pomodoro dalam belajar. Antara lain:

  1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi
  2. Motivasi belajar meningkat drastis
  3. Memaksa otak untuk berkonsentrasi dalam belajar
  4. Memiliki manajemen waktu yang tepat
  5. Membiasakan beradaptasi dalam tekanan waktu
  6. Mencegah penundaan
  7. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Cara Belajar dengan Teknik Pomodoro

Dalam sehari ada beberapa pelajaran yang harus Anda pelajari di rumah.  Rata-rata, sehari 3 mata pelajaran. Belum lagi, Anda harus mengerjakan tugas PR (pekerjaan rumah) dari guru. Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan metode cepat, yaitu  metode belajar Pomodoro

Inilah langkah-langkah belajar dengan teknik Pomodoro:

1. Menghilangkan Gangguan

Pastikan Anda siap untuk belajar. Banyak gangguan yang berpotensi menghilangkan dan membuyarkan konsentrasi Anda. Matikan ponsel Anda. Mengapa perlu mematikan ponsel? Dalam ponsel Anda, ada banyak notifikasi. Mulai dari Whatsapp, Facebook, telepon dan email.

Bila tak mematikan ponsel, Anda sering tergoda untuk membuka, membaca dan menghabiskan waktu Anda.

Sebenarnya, Anda tak harus mematikan ponsel. Anda bisa membuatnya senyap dengan memanfaatkan fitur airplane mode. Belajar Anda akan nyaman tanpa gangguan.

2. Siapkan Buku yang Akan Dipelajari

Sebelum memulai belajar dengan teknik ini, Anda perlu menyiapkan apa saja yang Anda butuhkan dalam belajar. Mulai dari buku, alat tulis, pensil, penghapus dan alat pendukung belajar lainnya. Sehingga walaupun waktu belajar Anda hanya 25 menit tapi benar-benar efektif dan efisien.

3. Menetapkan Timer 25 Menit

Anda bisa menetapkan berapa durasi Anda belajar. Dalam teknik Pomodoro ini, cukup 25 menit. Bila Anda mampu konsentrasi lebih lama lagi, misalkan 30 menit. Anda bisa menetapkannya sendiri.

Jangan menetapkan waktu menggunakan ponsel. Lagi-lagi, akan mengganggu konsentrasi Anda bila ada notifikasi dari Facebook, Instagram,  Whatsapp atau panggilan telepon. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan weker.

4. Baca Buku Dengan Tenang dan Konsentrasi

Sudah mengeset weaker dalam durasi tentu sesuai dengan selera Anda? Silakan membaca buku, belajar menganalisis, membuat perbandingan dan improvisasi sesuai dengan materi yang ada dalam buku.

5. Berhenti Belajar Saat Weker Berbunyi

Bila durasi belajar habis, maka  terdengar bunyi weker keras. Ini menandakan waktu belajar Anda habis. Anda bisa rehat sebentar untuk sekedar minum air putih, berjalan ringan dan menikmati camilan selama kurang lebih 5 menit.

Saran penulis, dalam tahap istirahat ini jangan menghidupkan ponsel. Mengapa? Karena Anda berpotensi untuk membuka aplikasi dan berlama-lama. Tanpa sadar, Anda menghabiskan waktu berjam-jam.

5. Lanjutkan Belajar

5 menit waktu istirahat Anda sudah habis. Kini saatnya Anda lanjutkan membaca buku. Anda bisa mengatur timer pada weker dan melanjutkan belajar.

6. Mengambil Istirahat Lebih Lama Jika Sudah 4 Kali Weaker Berbunyi

Bila weaker Anda sudah berbunyi 4 kali, artinya Anda sudah belajar selama 25 menit kali 4 atau setara dengan 100 menit. Anda perlu mengambil istirahat lebih lama lagi. Tujuannya untuk menenangkan pikiran, meregangkan otot, mengisi energi dan menambah stamina yang terkuras karena belajar.

Dalam tahapan ini Anda bisa makan agak berat, berkomunikasi dengan keluarga dan menghidupkan ponsel.

Contoh Teknik Pomodoro yang Efektif Dalam Belajar

Sebagai ilustrasi belajar yang tepat, penulis menyajikan contoh teknik Pomodoro dalam belajar.  Mula-mula, Anda menyiapkan diri untuk belajar. Siapkan apa saja yang akan Anda  pelajari. Anda menyiapkan timer atau weker  sebagai alat penanda waktu Anda memulai dan mengakhiri belajar. Set waktu dalam alat ini. Tetapkan waktu 25 menit.

Ada mulai belajar, membaca buku dengan tenang. Anda bisa belajar tanpa merasa ada gangguan. 25 menit berlalu, maka weaker akan bunyi keras, menandakan waktu belajar Anda selesai.

Anda bisa mengambil rehat sejenak, pergi ke dapur mengambil air es yang dingin untuk menyegarkan leher Anda. Setelah 5 menit berlalu, Anda bisa melanjutkan belajar dengan menghidupkan weker 25 menit. Begitu seterusnya, mulai dan mengakhiri hingga benar-benar belajar Anda berakhir.

Memanfaatkan teknik ini, Anda bisa belajar dengan tenang, nyaman, tetap fokus tanpa ada gangguan dari luar.

Timer untuk Teknik Pomodoro

Agar Anda bisa mengoptimalkan proses belajar dengan teknik Pomodoro, Anda bisa menggunakan timer khusus untuk membagi proses balajar dalam beberapa sesi. 

Anda bisa menemukan banyak timer khusus yang bisa di-setting untuk mengingatkan Anda kapan waktu untuk istirahat dan kapan waktu untuk melanjutkan proses belajar. 

Simpulan

Belajar itu penting bagi Anda untuk meningkatkan kapasitas, kecerdasan dan kemampuan Anda. Apa jadinya bila malas dalam belajar karena tak bisa berkonsentrasi karena sering ada gangguan menghadang. Gangguan ini datang dari ponsel, aplikasi dalam ponsel dan gangguan lainnya yang tak bisa Anda kendalikan.

Sering merasa tidak bisa konsentrasi dalam belajar? Anda bisa memanfaatkan teknik belajar Pomodoro yang terbukti membuat banyak orang merasakan manfaat teknik luar biasa ini. Teknik ini akan membantu Anda lebih fokus, konsentrasi dan mencapai goal Anda dalam belajar.

*bagian yang terdeteksi pada Copyscape merupakan kutipan dari Prof Dr Hamka mengenai “Strategi Pembelajaran”

Sumber:

https://www.sekolah.mu/blog/umum/lebih-fokus-belajar-dengan-metode-Pomodoro

https://www.suara.com/tekno/2016/09/10/154100/kemampuan-otak-menyerap-informasi-hanya-20-menit-pertama

https://www.ruangguru.com/blog/teknik-Pomodoro-teknik-belajar-yang-dapat-bantu-tingkatkan-konsentrasimu

https://www.zenius.net/blog/teknik-Pomodoro#tujuan_dan_manfaat_teknik_belajar_Pomodoro

https://www.sehatq.com/artikel/teknik-Pomodoro-cara-untuk-belajar-dengan-efisien#cara-melakukan-teknik-Pomodoro

https://cnc.bc.ca/services/prince-george/academic-success-centre/student-support-advice/Pomodoro-technique

https://examstudyexpert.com/Pomodoro-study-method/

Mudah mengadakan ujian online serentak dengan Ujione
Dilengkapi juga dengan Quiz, Tugas serta Bank Soal

Trial 30 Hari. Daftar Sekarang
© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia