6 Tips Menggunakan Internet dengan Aman saat Pembelajaran Daring

Sejak pandemi covid-19 melanda dunia, sadar atau tidak kita sudah mulai terbiasa untuk melakukan banyak hal secara daring. Termasuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Pembelajaran daring sendiri memerlukan gawai dan jaringan internet sebagai perangkat utamanya. Oleh karena itu, aktivitas kita menggunakan internet semakin meningkat.

Para siswa melakukan proses pembelajaran melalui video conference. Tugas dan ujian dikumpulkan dan dilaksanakan secara online. Di satu sisi hal tersebut begitu memudahkan, namun di sisi lain, ada kekhawatiran yang muncul saat pembelajaran dilaksanakan secara daring. 

Ternyata, penggunaan internet saat pembelajaran daring dapat menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya seperti terkena cyber bullying, terakses pornografi, hingga ancaman pemanfaatan data pribadi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa maupun guru untuk bisa berinternet dengan aman saat melaksanakan pembelajaran daring. Bagaimana caranya? Yuk simak tips menggunakan internet dengan aman selama pembelajaran daring di bawah ini.

Tips Menggunakan Internet dengan Aman saat Pembelajaran Daring

1. Berkomunikasi secara Terbuka

Guru dan siswa harus memiliki komunikasi yang baik, terlebih ketika pembelajaran daring. Agar tetap aman belajar menggunakan akses internet, ada baiknya guru memberikan pemahaman terkait bagaimana mengakses internet sebelum pembelajaran dimulai. Guru juga bisa memberikan aturan kepada siswa seperti siswa hanya boleh mengakses situs-situs yang berkaitan dengan pembelajaran. Dengan adanya hal tersebut, hal-hal negatif yang mungkin akan terjadi bisa diminimalisir.

2. Memanfaatkan Fitur Perlindungan Teknologi

Dalam melaksanakan pembelajaran, pastikan bahwa perangkat yang digunakan oleh siswa sudah menggunakan peranti lunak dan program antivirus terbaru, dengan pengaturan privasi diaktifkan. Jangan lupa juga untuk mematikan atau menutup webcam jika tidak sedang digunakan. Dalam hal ini, orang tua juga bisa ikut berpartisipasi untuk melindungi anak dari dampak negatif internet. Siswa bisa menggunakan fitur pengendalian orangtua, termasuk pencarian aman (safe search), agar setiap akses mereka aman dan positif. Ajarkan juga pada siswa cara melindungi informasi pribadinya, terutama dari orang yang tidak dikenal.

3. Menunjukkan Perilaku Baik di Dunia Maya

Saat melakukan pembelajaran daring, guru bisa mengarahkan siswa untuk berperilaku baik. Siswa bisa memberikan komentar positif kepada teman lainnya, memberikan senyum secara virtual, ataupun menekan tombol suka pada fitur media sosial. Beritahu juga kepada siswa bahwa terdapat istilah cyberbullying pada saat menggunakan internet. Sampaikan pada siswa untuk tidak melakukan tindakan tersebut karena hanya akan merugikan sekitar.

4. Jangan Menyebar Rumor

Saat ini, informasi sangat mudah diakses mengingat kecepatan akses internet yang semakin meningkat. Informasi yang ada di internet sangat banyak dan beragam, mulai dari informasi bermanfaat hingga informasi yang hanya akan merugikan orang lain. Oleh karena itu, guru perlu memberitahu siswa untuk menghindari informasi yang tidak benar. Hindari untuk menyebarkan rumor semacam cerita atau foto-foto yang menyakitkan, menyinggung, menuduh, sampai membuat orang lain malu.

5. Berpikir sebelum Mengirim Sesuatu

Kita tidak pernah tahu suasana hati siswa pada saat mengikuti pembelajaran. Mungkin ada sebagian siswa yang sedang bahagia atau justru sebaliknya. Sering kali, apa yang dilakukan siswa bergantung dengan suasana hati yang sedang dirasakan. Untuk mengantisipasi hal yang kurang menyenangkan, guru diharapkan untuk mengingatkan siswa dalam berbuat dan berucap. Jangan sampai perbuatan maupun ucapan siswa menyinggung dan menyakiti orang lain. Ajarkan kepada siswa untuk selalu belajar mengontrol diri dalam membagikan sesuatu di dunia maya.

6. Melakukan Verifikasi Berita sebelum Dibagikan

Sudah bukan hal aneh jika kita senang membagikan informasi yang kita anggap menarik kepada orang lain. Begitupun pada siswa, mengingat keingintahuan mereka jauh lebih besar di saat masa-masa sekolah. Namun sayangnya, informasi menarik yang ingin dibagikan belum tentu benar dan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum akhirnya dibagikan. Penting bagi guru untuk mengajarkan kepada siswa bahwa untuk memilah-milah mana berita yang baik dan buruk.

Demikian informasi tips menggunakan internet dengan aman saat pembelajaran daring. Semoga dengan adanya artikel ini, kita, para guru, juga siswa dan orang tua bisa lebih bijak saat menggunakan internet.
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran berbasis digital, bapak/ibu guru juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pembelajaran. Saat ini, telah hadir aplikasi Ujione yang menyediakan fitur lengkap mulai dari e-learning untuk kegiatan belajar hingga ujian online yang bisa memudahkan pelaksanaan ujian. Penasaran seperti apa serunya menggunakan Ujione? Yuk kunjunni www.ujione.id dan dapatkan informasi lebih banyak dan lebih lengkap!

© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia