Dalam tugasnya guru harus mampu memberikan yang terbaik dalam proses pengajaran. Salah satu hal yang perlu bagi guru adalah melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang diartikan dengan Classroom Action Research (CAR). Okay, tak usah pakai lama, langsung simak saja yuk Apa Itu PTK, Tujuan, dan Manfaatnya Bagi Guru
PTK atau Classroom Action Research (CAR) adalah action research yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Penelitian Tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan-riset-tindakan…”, yang dilakukan secara siklus, dalam rangka memecahkan masalah sampai masalah itu terpecahkan.
Ada beberapa jenis Penelitian Tindakan, dua di antaranya adalah individual action research dan collaborative action research (CAR). Jadi, CAR bisa berarti dua hal, yaitu classroom action research dan collaborative action research; keduanya merujuk pada hal yang sama.
Berikut ini beberapa tujuan dari PTK adalah sebagai berikut:
Pada proses pelaksanaan penelitian, terdapat tiga komponen yang menjadi sasaran utama PTK guru yaitu siswa, guru dan sekolah. Tiga komponen tersebut yang akan menerima manfaat dari PTK. Berikut ini beberapa manfaatnya, antara lain:
PTK guru memberi kemudahan dalam proses analisis dan diagnosis terhadap kesalahan maupun kesulitan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berkaitan dengan strategi, teknik, konsep, dan sebagainya.
Apabila kesalahan yang terjadi bisa segera diperbaiki maka proses pembelajaran akan lebih mudah dilaksanakan. Dengan demikian, hasil belajar siswa diharapkan bisa meningkat.
Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan timbal balik antara pembelajaran dan perbaikan hasil belajar siswa. Keduanya akan terwujud apabila guru memiliki kemampuan dan kemauan untuk melakukan PTK.
Pelaksanaan PTK bagi guru memberikan beberapa manfaat berikut ini:
Kaitannya dengan PTK guru, apabila sekolah dengan guru yang memiliki keterampilan dalam melaksanakan PTK, tentunya sekolah tersebut akan memperoleh manfaat yang besar.
Hal ini karena mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang mencerminkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa PTK adalah salah satu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki layanan pendidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di kelas dan peningkatan kualitas program sekolah secara keseluruhan.
Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan cara tujuan PTK guru, yakni memperbaiki serta meningkatkan praktik dan pembelajaran di kelas secara berkesinambungan. Dengan demikian, hasil yang diharapkan oleh pihak sekolah akan lebih mudah tercapai.
Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk meningkatkan atau memperbaiki layanan pembelajaran tersebut. Guru akan merasa lebih percaya diri.
Guru yang selalu merefleksi diri, melakukan evaluasi diri dan menganalisis kinerjanya sendiri dalam kelas, tentu saja akan selalu menemukan kekuatan, kelemahan dan tantangan pembelajaran, dan pendidikan masa depan serta mengembangkan alternatif masalah atau kelemahan yang ada pada dirinya dalam pembelajaran.
Semoga bermanfaat 🙂