Ini Dia 6 Indikator Keberhasilan Guru dalam Mengajar

aplikasi ujian online

Setiap guru memiliki kewajiban untuk mengajar dan mentransfer ilmu kepada para siswanya. Guru akan merasa berhasil jika siswa yang diajar dapat mengerti dan memahami terkait suatu materi yang disampaikan. Keberhasilan paling umum dapat diketahui melalui hasil belajar siswa.

Namun ternyata tidak hanya itu saja, indikator seorang guru dapat dikatakan berhasil dalam mengajar siswa juga dapat dilihat dari kemampuannya dalam menyusun RPP hingga apakah terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan secara lebih lengkap terkait indikator apa saja yang menandai suatu keberhasilan guru dalam mengajar. Simak ulasannya sampai selesai ya!

Apa Itu Keberhasilan Mengajar?

Apakah keberhasilan mengajar seorang guru hanya dilihat dari keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pelajaran atau mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa? 

Hal tersebut tentu tidak salah. Namun, bukan hanya itu saja, keberhasilan mengajar dapat diartikan sebagai proses kreatif seorang guru yang dapat menyebabkan siswa beraktivitas mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki sebagai upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi, keberhasilan mengajar guru tidak hanya diukur dari seberapa banyak informasi atau pengetahuan yang menumpuk di dalam otak siswanya, tetapi seberapa berkembangnya seluruh potensi yang dimiliki oleh siswa. Selain itu, keberhasilan guru dalam mengajar juga dapat dilihat dari bagaimana perkembangan tersebut mempengaruhi cara berpikir, bersikap, dan bertindak siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Keberhasilan Guru dalam Mengajar

Indikator adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur atau menilai sesuatu. Dalam hal pengajaran, indikator adalah parameter atau alat yang digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan guru dalam proses pengajaran.

Indikator keberhasilan guru dalam mengajar ini terdiri dari berbagai macam. Mulai dari peningkatan pencapaian belajar siswa, cara guru merancang kegiatan pembelajaran, berinteraksi dengan siswa, hingga penguasaan materi pelajaran.

Dalam bukunya, Strategi Belajar Mengajar (2002), Djamarah menyebutkan bahwa keberhasilan belajar mengajar apabila memenuhi beberapa indikator berikut ini.

  • Daya serap terhadap bahan pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok.
  • Perilaku yang digariskan dalam pengajaran (indikator pembelajaran) telah dicapai oleh anak didik, baik secara individual maupun kelompok.
  • Hasil belajar siswa juga menjadi indikator keberhasilan guru dalam mengajar lainnya yang sering digunakan.

Adapun indikator keberhasilan guru dalam mengajar lainnya adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP

Salah satu indikator keberhasilan guru dalam mengajar adalah kemampuan guru dalam menyusun RPP. RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah dokumen yang berisi gambaran atau rencana pembelajaran yang akan dilakukan selama satu kali pertemuan, satu semester, atau lebih.

RPP tidak hanya sebatas tugas administratif yang harus dipenuhi, tetapi juga digunakan guru sebagai pedoman penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. RPP yang baik akan memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Maka dari itu, kemampuan dalam menyusun RPP termasuk dalam salah satu indikator keberhasilan guru dalam mengajar.

2. Kemampuan Mengajar

Kemampuan mengajar menjadi indikator keberhasilan guru dalam mengajar lainnya. Misalnya, cara penyampaian materi pelajaran pada siswa. Apabila siswa dapat menerima dan memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, maka dapat dikatakan bahwa guru telah berhasil dalam mengajar.

Selain kemampuan dalam menyampaikan pelajaran pada siswa, guru juga harus memiliki kemampuan mengajar lainnya, seperti dapat menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi untuk mendukung dan mempermudah pemahaman materi pembelajaran. Guru yang mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif akan mendorong semangat siswa untuk belajar lebih serius lagi.

3. Peningkatan Pencapaian Siswa

Indikator lainnya adalah adanya peningkatan pencapaian akademik siswa. Hal ini dapat diukur dari peningkatan nilai, kemajuan dalam tugas dan proyek, kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran, hingga hasil ujian. Terdapat beberapa tingkatan yang menjadi indikator keberhasilan guru dalam mengajar, yaitu:

  • Maksimal, apabila seluruh bahan ajar telah diajarkan kepada siswa dan dikuasai serta dipahami dengan baik oleh mereka.
  • Baik sekali, apabila sebagian besar, sekitar 80-90% bahan ajar sudah diajarkan, dipahami, dan dikuasai oleh siswa.
  • Baik, apabila bahan ajar yang dijelaskan kepada siswa dapat dikuasai 60-75% oleh siswa.
  • Kurang baik, apabila kurang dari 60% materi yang telah diajarkan kurang dikuasai oleh siswa.

4. Adanya Perubahan Perilaku Siswa

Indikator keberhasilan guru dalam mengajar tidak hanya dilihat dari kemampuan siswa dalam mengingat materi yang telah diajarkan atau hasil ujian yang baik saja, tetapi juga perilakunya. Siswa yang memiliki perilaku baik dan berkarakter dapat mencerminkan keberhasilan guru dalam mengajar.

Tugas guru tidak hanya sekadar mengajarkan atau mentransfer ilmu yang dimiliki kepada siswa, tetapi juga mendidik dan membimbing siswa agar menjadi individu yang berkarakter baik. Perubahan perilaku pada siswa untuk menjadi lebih baik akan memudahkan mereka dalam memahami materi pelajaran yang mana pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar mereka sendiri.

5. Adanya Kemajuan Mengajar

Guru yang ingin memiliki kemajuan dalam mengajar tentu harus melakukan evaluasi pembelajaran secara rutin. Misalnya, apakah metode pembelajaran yang digunakan sudah berhasil membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran, apakah penyampaian materi pelajaran sudah tepat, dan lain sebagainya.

Jika setelah melakukan evaluasi guru menemukan adanya kekurangan, maka guru dapat segera memperbaiki kesalahan mengajar tersebut sehingga kemampuan dalam mengajar bisa menjadi lebih efektif. Dari kegiatan evaluasi kemajuan mengajar ini juga akan membuat kegiatan pembelajaran berjalan menjadi lebih baik dan indikator keberhasilan guru dalam mengajar pun dapat dikatakan berhasil.

6. Penggunaan Metode Pengajaran yang Efektif

Indikator keberhasilan guru dalam mengajar berikutnya adalah penggunaan metode pengajaran yang efektif dan sesuai dengan gaya belajar siswa. Misalnya, menggunakan pengajaran berbasis proyek, adanya penggunaan multimedia dan teknologis, serta penggunaan kegiatan kelas yang interaktif.

Demikian indikator-indikator keberhasilan guru dalam mengajar yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Bagi bapak/ibu guru yang sedang mencari aplikasi ujian online, dapat menggunakan aplikasi Ujione. Ujione menyediakan fitur yang beragam yang dapat digunakan mulai proses pembuatan soal ujian hingga mengevaluasi hasil ujian. Selain itu, Ujione juga dapat diakses di berbagai perangkat sehingga memudahkan guru maupun siswa dalam menggunakannya. Tertarik menggunakan? Daftar sekarang di ujione.id!

Mudah mengadakan ujian online serentak dengan Ujione
Dilengkapi juga dengan Quiz, Tugas serta Bank Soal

Trial 30 Hari. Daftar Sekarang
Aplikasi Ujian Online Berbasi Cloud Buatan Indonesia
Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia
© Copyright PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram