Mengenal Kompetensi Inti: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Kalau kemarin sudah sempat dibahas tentang kompetensi dasar, pada artikel kali ini akan dibahas terkait kompetensi inti. Dua kompetensi ini tentu sudah tidak asing kan untuk bapak/ibu guru? Kompetensi ini juga saling berkaitan dalam menunjang proses pembelajaran.

Dalam menyampaikan materi kepada siswa, tentu kita sebagai guru tidak bisa asal memberikannya dengan sesuka hati, bukan? Dalam mengajar, kita dianjurkan untuk emngikuti pedoman mengajar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pedoman yang digunakan bisa berupa kebijakan maupun pedoman tekstual. 

Sebagai contoh, tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran adalah standar kompetensi lulusan (SKL). Maka untuk mencapai tujuan tersebut, kita perlu mengetahui kompetensi yang terdapat di dalamnya, di mana salah satunya merupakan kompetensi inti yang akan dibahas lebih jauh di bawah ini.

Pengertian Kompetensi Inti

Sesuai namanya, kompetensi inti merupakan kompetensi utama yang kemudian dijabarkan dalam beberapa aspek, diantaranya aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan harus dipelajari oleh siswa di setiap jenjang dan mata pelajaran. 

Menurut Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, kompetensi inti pada kurikulum 2013 adalah kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki peserta didik setiap tingkat kelas. Kompetensi inti tidak diajarkan langsung dalam proses pembelajaran, melainkan setiap mata pelajaran harus memiliki tujuan yang sama dengan rumusan kompetensinya.

Tujuan Kompetensi Inti

Tujuan dari dibuatnya kompetensi ini adalah untuk membentuk karakter unggul bagi siswa melalui kegiatan pembelajaran. Hal ini sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai melalui kurikulum 2013.

Contoh Kompetensi Inti

Berikut merupakan contoh dari kompetensi inti jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)

  • K.I 1 (Kompetensi Inti Sikap Spiritual)

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

  • K.I 2 (Sikap Sosial)

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

  • K.I 3 (Pengetahuan)

Memahami menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

  • K.I 4 (Keterampilan)

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Nah itulah tadi, hal-hal terkait kompetensi inti yang bisa menambah informasi kita semua. Jadi kompetensi inti ini bukan hanya sekadar sarana untuk memenuhi kelengkapan administrasi tetapi juga memiliki tujuan dalam kaitannya dengan proses pembelajaran.

© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia