Mengetahui Perbedaan Pendidikan dan Pengajaran

Dalam dunia pendidikan, kita pasti sudah tidak asing dengan istilah pendidikan dan pengajaran. Kedua istilah tersebut merupakan kata yang erat dengan kegiatan atau proses pembelajaran. Meski begitu, ternyata masih ada beberapa orang yang belum memahami persamaan dan perbedaan antara pendidikan dan pengajaran.

Pengertian Pendidikan dan Pengajaran Menurut KBBI

Pengertian Pendidikan

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pendidikan berasal dari kata dasar 'didik' yang berarti memelihara dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Sedangkan pendidikan dimaknai sebagai proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran. Dari pengertian ini, kita bisa memperoleh pemahaman bahwa pendidikan ditujukan untuk mengubah sikap dan perilaku seseorang, yang mana ditempuh melalui pengajaran.

Pengertian Pengajaran

Selanjutnya, pengajaran berasal dari kata dasar 'ajar' yang berarti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui. Sedangkan kata pengajaran berarti suatu proses, cara, dan perbuatan mengajar atau kegiatan memberi petunjuk. Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengajaran merupakan upaya memberi petunjuk atau pemahaman.

Perbedaan antara Pendidikan dan Pengajaran

Pengajaran merupakan kegiatan menyalurkan informasi, dalam hal ini yang dimaksud adalah  ilmu. Proses pengajaran ini bisa dilakukan oleh guru atau istilah lain yang sama kepada siswa. Adanya proses penyampaian ilmu, pengetahuan, dan teknologi ini yang masih sering disalahartikan sebagai pendidikan.Beberapa orang mengartikan pengajaran adalah pendidikan itu sendiri, padahal pengajaran hanyalah bagian kecil dari pendidikan.

Sedangkan pendidikan merupakan sebuah proses mendidik yang melibatkan penerapan nilai-nilai. Pada kegiatan mendidik, terdapat proses pemahaman penghayatan, penjiwaan, dan pengamalan yang disampaikan guru kepada siswanya. Ilmu yang telah diterima selanjutnya dipahami dan dihayati hingga tertanam dalam hati dan dapat diamalkan menjadi sebuah kegiatan yang lebih luas dibanding pengajaran. Pendidikan dimaknai sebagai proses menyeluruh baik berupa teori dan aplikasi tentang materi yang disampaikan.

Jadi, secara garis besar dapat disimpulkan bahwa pendidikan mencakup keseluruhan proses pembentukan manusia yang utuh dan berkualitas. Sedangkan pengajaran lebih bersifat teknis, di mana kegiatannya meliputi perencanaan, pengarahan, dan memberikan pengalaman belajar kepada siswa dengan tujuan memperoleh ilmu pengetahuan dan pemahaman yang baru.

Nah itulah tadi, informasi terkait perbedaan antara pendidikan dan pengajaran. Semoga setelah membaca artikel di atas kita sudah tidak bingung lagi untuk memahami definisi dari pendidikan dan pengajaran ya.   

© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia