Pentingnya Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Difabel

Kita semua pasti sadar betul bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali, termasuk anak-anak yang lahir dengan kebutuhan khusus sekalipun. Seperti yang kita tahu, anak-anak dengan kebutuhan khusus juga memiliki sekolah khusus yang dikenal dengan istilah SLB (Sekolah Luar Biasa). Namun masalahnya, tidak semua daerah memiliki SLB sehingga kebutuhan anak berkebutuhan khusus menjadi kurang terpenuhi. 

Itu mengapa perlu adanya solusi untuk mengatasi hal ini. Sistem penyelenggaraan pendidikan pu akhirnya membuat satu sistem berupa sekolah inklusif yang diharapkan mampu menampung seluruh siswa tanpa memandang apakah dia memiliki kebutuhan khusus atau tidak. Ingin tahu lebih banyak terkait pendidikan inklusif? Simak sampai habis ya artikelnya.

Pengertian Pendidikan Inklusif

Pendidikan Inklusif adalah sistem layanan pendidikan yang mengatur agar siswa dapat dilayani di sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Tanpa perlu dikhususkan kelasnya, siswa dapat belajar bersama dengan fasilitas yang mendukung untuk semua siswa tanpa terkecuali difabel. Sistem pendidikan inklusif ini memberikan kesempatan kepada siswa difabel yang tidak mengalami disabilitas intelektual untuk tumbuh dan berkembang di lingkungan sekolah reguler dan bukan SLB.

Pendidikan inklusif juga diharapkan mampu mengatasi kesenjangan pendidikan bagi siswa difabel yang memiliki potensi kecerdasaan yang berhak untuk dikembangkan. Sayangnya banyak sekolah yang belum mampu menerapkan sistem ini karena asumsi akan lebih mudah mengatur siswa dengan dua keadaan yang berbeda dalam kelas yang sama. Padahal jika ditelisik lebih jauh, pendidikan inklusif justru mampu memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran.

Tujuan Pendidikan Inklusif

Pendidikan inklusif bertujuan untuk:

  1. Menyatukan atau menggabungkan pendidikan reguler dengan pendidikan khusus ke dalam satu sistem lembaga pendidikan yang dipersatukan untuk menyatukan semua.
  2. Memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk memperoleh pendidikan tanpa terkecuali.

Manfaat Pendidikan Inklusif bagi Siswa Difabel

Pendidikan inklusif memiliki beberapa manfaat, khususnya bagi siswa difabel, antara lain:

  1. Intelektualitas siswa difabel dapat berkembang dengan optimal saat memiliki kesempatan menerima materi pelajaran yang sesuai dengan usia dan kapasitas pola pikirnya.
  2. Siswa difabel akan memiliki keterampilan untuk mendapat materi cara merawat diri saat terbiasa hidup berdampingan dengan anak-anak tanpa kebutuhan khusus.
  3. Meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa difabel. Meskipun memiliki status berkebutuhan khusus, namun ABK juga berhak dan harus bergaul di lingkungan yang sama dengan anak-anak tanpa kebutuhan khusus, agar tidak dikucilkan. Mungkin secara fisik mereka terbatas, namun dalam bergaul mereka bisa melakukannya tanpa batas.
  4. Tumbuh kembang alat indra serta anggota tubuh lainnya yang tidak mengalami cacat dapat berlangsung maksimal karena mendapatkan stimulasi setiap hari selama menjalani kegiatan belajar mengajar.
  5. Meningkatkan motivasi siswa difabel untuk dapat hidup mandiri dan meraih cita-cita yang mereka inginkan.
  6. Pendidikan inklusif menjadikan siswa difabel merasa lebih siap menghadapi realita dunia kerja karena tidak mendapatkan perlakuan khusus sejak menempuh pendidikan.

Kendala Pendidikan Inklusif

Belum banyaknya pendidikan atau sekolah inklusif dikarenakan masih banyaknya kendala di lapangan antara lain:

  1. Sarana dan prasarana yang kurang memadai.
  2. Terbatasnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki guru untuk mengajar di sekolah inklusif.
  3. Sistem kurikulum pendidikan umum yang ada masih belum mengakomodasi keberadaaan anak-anak berkebutuhan khusus.

Dengan adanya beberapa kendala ini, diharapkan pemerintah bisa memberikan perhatian khusus untuk siswa-siswa difabel yang juga ingin merasakan dan mendapatkan pendidikan.

Demikian, informasi terkait pendidikan inklusif yang bisa disampaikan. Semoga informasi di atas bisa menyadarkan kita bahwa setiap anak, baik yang lahir secara khusus ataupun tidak sama-sama membutuhkan pendidikan yang setara untuk menjadi individu mandiri dan berdikari.

© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia