Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka

aplikasi ujian online

Seperti yang kita tahu, kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia selalu mengalami perubahan, menyesuaikan dengan keadaan yang terjadi di lapangan. Saat ini, tengah berlaku kurikulum merdeka yang disusun sebagai upaya untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi guru juga satuan pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah.

Kurikulum merdeka memungkinkan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi dan situasi lingkungan masing-masing sekolah. Hal ini yang akhirnya membuat satuan pendidikan berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah memberikan alokasi waktu pembelajaran per tahun. Kebijakan ini dibuat agar satuan pendidikan dapat mengatur waktu dan pengajaran mata pelajaran di sekolah untuk memudahkan siswa dalam mencapai pembelajaran sesuai fase.

Selain hal yang disebutkan di atas, kurikulum merdeka mempunyai Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Apa itu ATP dan bagaimana menyusunnya? Simak ulasannya di bawah ini sampai selesai ya!

Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang sudah disusun secara utuh, sistematis, dan logis dalam fase capaian pembelajaran dari awal hingga akhir. Alur tujuan pembelajaran disusun secara linear sesuai urutan kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk mengukur capaian pembelajaran.

Alur tujuan pembelajaran memiliki fungsi seperti silabus, yaitu digunakan sebagai acuan perencanaan pembelajaran. Tidak hanya guru yang menjadikan ATP sebagai tujuan, namun juga siswa dalam mencapai pencapaian pembelajaran di akhir fase.

Pemerintah menetapkan capaian pembelajaran kurikulum merdeka dalam fase-fase, di antaranya:

  • Fase A untuk tingkat kelas 1 dan kelas 2
  • Fase B untuk tingkat kelas 3 dan kelas 4
  • Fase C untuk tingkat kelas 5 dan kelas 6
  • Fase D untuk tingkat kelas 7 dan kelas 8
  • Fase E untuk tingkat kelas 9 dan kelas 10
  • Fase F untuk tingkat kelas 11 dan kelas 12

Secara umum, terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan Capaian Pembelajaran serta menyusun perangkat ajar yaitu menyusun alur tujuan pembelajaran dan mengembangkan modul ajar.

Modul ajar merupakan perencanaan pembelajaran yang sama seperti RPP namun dilengkapi dengan materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, serta asesmen yang bertujuan untuk mengetahui tingkat capaian tujuan pembelajaran. Alur tujuan pembelajaran dan modul ajar disusun agar guru dapat mengajar secara optimal dan mampu mengajar sesuai dengan karakteristik serta tingkat kemampuan setiap siswa di kelas.

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, satuan pendidikan berhak mengembangkan kurikulum operasional sekolah. Dalam pengembangannya, setiap satuan pendidikan membuat dokumen rencana pembelajaran berupa Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar.

Dalam hal ini, pemerintah pusat sudah menetapkan capaian pembelajaran yang bisa dikembangkan menjadi alur tujuan pembelajaran serta modul ajar oleh setiap sekolah. Adapun Capaian Pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah merupakan sebuah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa untuk setiap mata pelajaran di sekolah.

Ada beberapa kriteria Alur Tujuan Pembelajaran yang perlu ketahui. Berikut adalah beberapa kriterianya:

  • Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa.
  • Setiap fase dalam Alur Tujuan Pembelajaran menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang linear mulai dari awal fase hingga akhir fase.
  • Alur Tujuan Pembelajaran yang dibuat untuk seluruh fase menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang di dalamnya terdapat tahapan perkembangan kompetensi antar fase serta jenjang.

Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

Susunan alur tujuan pembelajaran membentuk tujuan pembelajaran dari awal fase hingga akhir fase suatu capaian pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat disusun secara kronologis sesuai dengan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Guru dapat menyusun alur pembelajaran yang memuat rangkaian tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, pemerintah akan membantu menyediakan set alur tujuan pembelajaran ini. Set alur digunakan sebagai contoh untuk mengembangkan kurikulum setiap satuan pendidikan serta panduan dalam menyusun perangkat ajar.

Aspek yang Terdapat dalam Alur Tujuan Pembelajaran

Terdapat tiga aspek dalam alur tujuan pembelajaran berdasarkan operasional komponen tujuan pembelajaran, di antaranya:

1. Kompetensi

Kompetensi adalah kemampuan yang dapat dimiliki dan didemonstrasikan atau dijalankan secara nyata oleh siswa dalam bentuk kinerja ataupun produk, baik yang bersifat abstrak atau konkret. Kompetensi menunjukkan bahwa seorang siswa telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Siswa yang memiliki kompetensi dapat dilihat dari keberhasilannya mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

Guru dapat menggunakan kata kerja operasional yang yang bisa diamati berdasarkan taksonomi bloom untuk menentukan kompetensi dalam alur tujuan pembelajaran.

2. Konten

Konten merupakan isi di mana di sini adalah materi ataupun konsep yang didapatkan oleh siswa melalui pemahaman selama mengikuti proses pembelajaran di akhir satu unit pembelajaran. Guru menentukan ilmu pengetahuan atau konsep yang akan dipelajari dan dipahami siswa di akhir satu unit pembelajaran. Setelahnya, guru merumuskan pertanyaan yang harus dijawab siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran unit tersebut.

3. Variasi

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran dianjurkan untuk tidak monoton dalam rangka menghindari kebosanan dari siswa. Untuk itu, alur tujuan pembelajaran juga perlu memiliki variasi. Variasi ini berupa keterampilan berpikir kritis, kreatif, analisis, evaluasi, mencipta, prediksi, dan lain sebagainya, yang termasuk dalam keterampilan tingkat rendah hingga tinggi.

Guru dapat menentukan variasi keterampilan berpikir siswa yang harus dikuasai. Untuk itu siswa perlu sering diberikan latihan menggunakan soal-soal HOTS. siswa memang sudah seharusnya dituntut untuk memiliki variasi berpikir mulai dari mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, hingga membuat simpulan dari materi yang telah disampaikan.

Itulah beberapa informasi terkait penyusunan alur tujuan belajar dalam kurikulum merdeka. Harapannya, setelah mengetahui informasi ini, bapak/ibu guru dapat membuat alur tujuan pembelajaran dengan tepat dan akhirnya mampu membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan capaian pembelajaran secara optimal melalui kegiatan pembelajaran.

Sebagai bentuk dukungan terhadap inovsi di dunia pendidikan, Ujione.id hadir dengan aplikasi ujian online yang akan membantu proses pelaksanaan ujian di sekolah ataupun instansi pendidikan lain. Ujione mudah digunakan sebab bisa dijalankan kapanpun dan dimanapun. Fitur yang dikembangkan juga sangat membantu proses ujian. Bahkan tidak hanya ujan, namun juga kegiatan belajar hingga evaluasi. Jadi, tertarik menggunakannya? Hubungi www.ujione.id dan dapatkan penawaran menarik berupa uji coba gratis selama 30 hari!

Dapatkan pengalaman baru ujian seru hanya bersama Ujione!!!

Mudah mengadakan ujian online serentak dengan Ujione
Dilengkapi juga dengan Quiz, Tugas serta Bank Soal

Trial 30 Hari. Daftar Sekarang
Aplikasi Ujian Online Berbasi Cloud Buatan Indonesia
Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia
© Copyright PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram