Proses Penilaian Hasil Belajar oleh Guru untuk Siswa

aplikasi ujian online

Proses pembelajaran dilaksanakan dari awal hingga akhir, dari perencanaan hingga evaluasi sehingga proses atau kegiatan penilaian merupakan hal tidak terpisahkan dari proses keseluruhan pembelajaran. 

Melalui kegiatan penilaian, guru bisa mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa dalam mengetahui suatu materi. Penilaian hasil belajar mencakup pengukuran keterampilan dan kemampuan siswa, sehingga hasil dari proses penilaian dapat digunakan oleh guru dalam merancang proses pembelajaran kedepannya.

Pada artikel kali ini, akan dipaparkan apa itu proses penilaian dan bagaimana seorang guru melakukan proses penilaian hasil belajar terhadap siswanya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Proses Penilaian

Sebenarnya, tanpa disadari, kita sudah sering menggunakan proses penilaian dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, ketika ingin membeli suatu barang. Kita tentu akan melakukan penilaian terhadap barang tersebut bukan? Apakah kualitasnya baik, apakah bahan yang digunakan nyaman, apakah harga yang ditawarkan sesuai dan lain sebagainya. 

Begitupun dalam proses pembelajaran, proses penilaian juga penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa berhasil dalam mengikuti proses belajar. Proses penilaian meliputi serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh, menganalisis, serta menafsirkan informasi hasil belajar siswa.

Penilaian dapat memberikan feedback bagi guru untuk bisa menghargai siswa yang memiliki tingkat kemampuan dan pemahaman yang berbeda antara satu dan lainnya. Dalam melakukan penilaian, kita juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip penilaian seperti penilaian yang harus bersifat valid, bisa dipercaya, konsisten, informasi penilaian bisa diakses, bersifat transparan, mendukung proses belajar yang efektif dan efisien, serta hasilnya mampu digunakan sebagai bahan perbaikan di depannya.

Fungsi Penilaian

Selain digunakan untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai, proses penilaian juga digunakan untuk membuat keputusan dalam perencanaan pembelajaran selanjutnya. Ada beberapa fungsi penilaian antara lain:

  • Fungsi selektif, artinya proses penilaian dilakukan agar guru dapat mengadakan seleksi terhadap siswanya. 
  • Fungsi diagnostik, artinya guru melakukan diagnosis atas kelebihan dan kekurangan siswa, lalu berusaha menemukan solusinya.
  • Fungsi penempatan, artinya penilaian digunakan sebagai acuan untuk menentukan dimana seorang siswa harus ditempatkan.
  • Fungsi pengukur keberhasilan, di mana nantinya dari proses penilaian, guru dan siswa bisa mengetahui sejauh mana tujuan dan keberhasilan pembelajaran telah tercapai.

Langkah Melakukan Proses Penilaian

Adapun langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses penilaian, di antaranya:

1. Membuat dan Menetapkan Rencana serta Tujuan Pembelajaran

Saat membuat RPP, guru pasti sudah membuat dan menetapkan tujuan penilaian. Setiap kompetensi dasar memiliki indikator atau hasil belajar yang nantinya bisa siswa dapatkan dari proses pembelajaran, meliputi apa yang harus dilakukan siswa (kemampuan), apa yang harus siswa ketahui (pengetahuan), dan dan bagaimana siswa menyikapinya (sikap atau perilaku).

2. Menentukan Teknik Penilaian yang tepat

Terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan penilaian. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui dan menetapkan teknik penilaian mana yang akan digunakan. Proses penilaian melibatkan bagaimana suatu data dikumpulkan untuk menarik kesimpulan di akhir proses pembelajaran. Guru bisa menggunakan indikator-indikator yang terdapat pada kompetensi dasar untuk menentukan teknik penilaian yang akan digunakan.

3. Pelaksanaan Proses Penilaian

Setelah menentukan tujuan penilaian dan teknik yang digunakan, saatnya mengumpulkan data atau nilai. Dalam kaitannya dengan mengumpulkan nilai, guru perlu menyusun terlebih dulu kisi-kisi dan membuat soal, terutama jika teknik penilaian yang dipilih adalah ujian tertulis. Setelah siswa selesai mengerjakan ujian, guru bisa melakukan proses penilaian berdasarkan pedoman penskoran yang sebelumnya juga sudah dirancang.

4. Menganalisis Penilaian

Pada tahap ini, guru melakukan proses penafsiran atau interpretasi dari penilaian yang telah dilakukan dan dikumpulkan. Guru dapat melihat sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi dan seberapa besar keberhasilan pembelajaran yang dicapai. Dari proses penilaian, kemudian dapat ditarik kesimpulan yang mengacu pada tujuan pembelajaran di awal.

5. Menyesuaikan Pembelajaran

laian

Tujuan dari dilaksanakannya proses penilaian salah satunya adalah mendapatkan hasil penilaian yang bisa digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran ke depannya. Proses penilaian dikatakan belum berhasil ketika hasilnya tidak mengarah atau belum bisa mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian atau perbaikan strategi, metode, materi, cara penyampaian, bahan ajar pendukung atau hal lain yang berkaitan dalam pembelajaran. 

Saat hasil penilaian dirasa sudah cukup baik, maka proses penilaian yang didapatkan dapat digunakan sebagai acuan untuk mempertahankan atau mengembangkan kegiatan pembelajaran sehingga menjadi lebih baik dan maksimal.

Nah, itulah tadi informasi terkait apa itu proses penilaian dan bagaimana cara yang tepat dalam melaksanakan proses penilaian. Semoga apa yang telah ditulis di atas bisa menjadi sumber pengetahuan baru bagi kita semua. Dan semoga bapak/ibu guru sekalian bisa terus menjadi lebih baik dalam proses penilaian khususnya, juga proses pembelajaran pada umumnya.

Untuk bapak/ibu guru yang mungkin sedang mencari aplikasi penilaian yang memudahkan, bisa sekali menggunakan Ujione. Selain aplikasi belajar online juga aplikasi ujian, kegiatan penilaian dengan Ujione bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jadi, tertarik menggunakannya? Yuk uji coba gratis 60 hari dulu dan rasakan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Salam Ujione.

Mudah mengadakan ujian online serentak dengan Ujione
Dilengkapi juga dengan Quiz, Tugas serta Bank Soal

Trial 30 Hari. Daftar Sekarang
Aplikasi Ujian Online Berbasi Cloud Buatan Indonesia
Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia
© Copyright PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram