12 Tugas Wali Kelas yang Perlu Diketahui

Selayaknya guru mata pelajaran pada umumnya, wali kelas juga memiliki tanggung jawab mengampu suatu mata pelajaran tertentu. Namun selain itu, wali kelas memiliki tugas lain dengan bobot tanggung jawab yang lebih besar. Wali kelas memiliki tugas tambahan untuk mengelola segala aktivitas kelas, mulai dari urusan administrasi, melakukan bimbingan dan memantau siswa dalam suatu kelas, hingga berkomunikasi dengan orang tua siswa terkait perkembangan anak-anak mereka.

Tidak hanya beberapa hal yang disebutkan di atas, ada beberapa tugas wali kelas yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Pada artikel kali ini akan disampaikan apa tugas wali kelas yang perlu diketahui. Simak informasinya sampai habis ya!

Tugas Wali Kelas

1. Menjalankan tugas pokok yang meliputi:

  • Mewakili orang tua siswa dan kepala sekolah dalam lingkup kelas.
  • Membina dan membimbing siswa untuk memiliki kepribadian dan budi pekerti yang baik.
  • Mengembangkan kecerdasan siswa.
  • Mengajarkan dasar-dasar kepemimpinan kepada siswa.

2. Mengetahui berapa jumlah siswa yang terdapat di kelas

Penting bagi seorang wali kelas untuk mengatahui berapa jumlah siswa yang ada di dalam kelasnya.

3. Mengetahui nama siswa yang berada di kelas

Tidak hafal nama seluruh siswa bagi guru mata pelajaran biasa menjadi hal yang bisa dimaklumi, tetapi bagi wali kelas, setidaknya mampu mengahfal nama siswa yang terdapat di kelasnya. Hal ini bisa meningkatkan hubungan emosional antara wali kelas dan siswa.

4. Melengkapi identitas siswa sehingga kelas memiliki arsip administrasi yang lengkap dan tertata

Administrasi yang lengkap dan tertata akan memudahkan wali kelas dalam membuat laporan atau melakukan pengecekan terhadap siswa-siswanya.

5. Mencari tahu kehadiran siswa dalam satu minggu kegiatan pembelajaran dan melaporkannya kepada kepala sekolah sebagai upaya evaluasi setiap minggunya

Menjadi wali kelas artinya juga siap untuk selalu memantau kondisi kelas. hal tersebut termasuk mengetahui jumlah siswa yang hadir dalam satu pekan untuk kemudian dilaporkan kepada kepala sekolah di setiap akhir pekan.

6. Memantau perilaku siswa sehingga dapat mengetahui masalah-masalah apa saja yang timbul di dalam kelas

Siswa-siswa yang terdapat dalam suatu kelas umumnya beragam. Tidak ada kondisi siswa yang sama antara satu dan lainnya. Oleh karena itu, wali kelas perlu melakukan pemantauan kepada para siswanya untuk mengantisipasi jika terjadinya masalah.

7. Melakukan penilaian kepada siswa di kelasnya terkait nilai-nilai sikap, kerajinan, serta kerapian di dalam kelas

Penilaian yang masuk dalam ranah afektif ini biasa dicantumkan pada kolom penilaian sikap di laporan akhir semester atau pada rapor. Oleh karena itu, wali kelas diharapkan mampu memberikan penilaian rutin kepada siswa-siswanya terkait sikap-sikap di atas.

8. Bersama guru BK mampu mengatasi masalah siswa di dalam kelas

Wali kelas melakukan tindakan kepada siswa yang bermasalah denagn bantuan guru BK. Hal ini dilakukan agar tidak ada aksi main hakim sendiri. Penanganan siswa bermasalah ini juga sebaiknya disertai dengan bukti-bukti yang telah dikumpulkan sebelumnya.

9. Melakukan pengecekan berkala terhadap prestasi siswa di dalam kelas

Wali kelas berkewajiban untuk mengecek prestasi siswa-siswanya. Selain itu, wali kelas juga bertugas untuk memberi motivasi kepada siswa yang mungkin mengalami kesulitan dalam belajar.

10. Memantau kebersihan kelas

Meski sudah memiliki petugas kebersihan, kebersihan kelas menjadi tanggung jawab pemilik kelas. Oleh karena itu wali kelas diharapkan mampu membuat kelompok-kelompok kecil untuk melaksanakan piket harian.

11. Membangun suasana kelas yang nyaman dan selalu berlandaskan asas kekeluargaan

Kegiatan belajar akan semakin nyaman manakala kondisi kelas kondusif. Untuk mencapai tingkat kondusif, perlu dibuat suasana kelas yang selalu hangat dan berlandaskan asas kekeluargaan. Dengan begitu akan tercipta suasana kelas yang nyaman untuk mendukung proses pembelajaran.

12. Menyampaikan laporan rutin kepada kepala sekolah terkait perkembangan siswa yang ada di kelas

Setelah mengumpulkan hal-hal yang diperlukan untuk mengetahui keadaan kelas, selanjutnya wali kelas melakukan pelaporan kepada kepala sekolah. Hal ini sekaligus menjadi bahan kajian untuk melakukan evaluasi atau pengayaan kepada kelas yang bersangkutan.

Nah, itulah tadi beberapa tugas wali kelas yang perlu diketahui. Mungkin sekilas terlihat begitu banyak dan sulit. Namun jika tugas-tugas tersebut dilakukan dengan hati lapang, hasil yang didapatkan juga akan baik. Kembali lagi kepada tugas utama seorang guru adalah mengabdi untuk mencetak generasi-generasi penerus bangsa. Semangatttt para wali kelas dan guru-guru semua!!!!

© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia