Mengenal Intrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka

aplikasi ujian online

Salah satu yang menjadi prinsip dalam perancangan kurikulum merdeka adalah kebijakan yang fleksibel bagi satuan pendidikan, pendidik, serta peserta didik. Menurut Kemendikbud Ristek, pada kurikulum merdeka terdapat kegiatan utama yang pada implementasi pembelajaran baru menggunakan paradigma baru, salah satunya adalah intrakurikuler. 

Intrakurikuler sendiri terdiri dari kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah sesuai dengan struktur program kurikulum yang berlaku untuk menggapai tujuan minimal tiap pelajaran.

Pengertian Intrakurikuler

Intrakurikuler adalah kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Mata pelajaran yang diberikan pada saat proses belajar mengajar pada intrakurikuler bersifat wajib sehingga harus diikuti oleh seluruh peserta didik.

Sebagian besar kegiatan intrakurikuler dilaksanakan di kelas dan menjadi kegiatan inti dari aktivitas di sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan formal. Kegiatan intrakurikuler bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan akademik peserta didik. 

Tujuan Intrakurikuler

Tujuan dari kegiatan pembelajaran intrakurikuler di sekolah adalah untuk:

  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik agar mendapat kemampuan yang tertuang dalam capaian pembelajaran.
  • Menumbuhkan kemampuan akademik peserta didik.
  • Membuat peserta didik menguasai mata pelajaran yang telah dipelajari.

Manfaat Intrakurikuler

Adanya kegiatan intrakurikuler di dalam kurikulum merdeka, diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh guru. Namun selain itu, terdapat beberapa manfaat intrakurikuler yang perlu diketahui:

  • Menjadikan peserta didik memiliki kemampuan sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan.
  • Meningkatkan kemampuan akademik peserta didik karena mendapatkan pengajaran langsung secara tatap muka dari guru.
  • Peserta didik dapat memahami materi pelajaran dengan baik, sebagai ilmu peserta didik untuk saat ini, saat ujian, ataupun di jenjang sekolah selanjutnya.

Metode Pelaksanaan Intrakurikuler

Berikut adalah beberapa metode pembelajaran intrakurikuler yang perlu dicermati.

  • Menggunakan banyak metode pembelajaran dan pendekatan belajar agar dapat mewujudkan misi Kurikulum Merdeka, yaitu “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”.
  • Menggunakan berbagai instrumen asesmen yang bermakna saat menilai proses dan capaian peserta didik.
  • Pada tingkat sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), satuan bebas memilih ragam pendekatan yang sesuai, di mana pendekatan harus meelibatkan pengalaman yang menyenangkan dan mampu mencapai tujuan pembelajaran.
  • Tema tidak ditentukan, sehingga satuan PAUD bebas mengembangkan tema yang sesuai konteks dan karakteristiknya.
  • Pada peserta didik yang sedang PKL atau magang, metode pembelajaran intrakurikuler adalah menggunakan pemetaan kompetensi, penetapan lokasi, jangka waktu, pemetaan penempatan, pembimbing, dan pembekalan.
  • Pada peserta didik yang sedang PKL atau magang, kegiatan intrakurikuler dilaksanakan secara kolaboratif antara satuan pendidikan dan mitra dunia kerja yang melibatkan pendidik atau guru sebagai pembimbing, kemudian ada instruktur di tempat PKL.

Contoh Kegiatan Intrakurikuler

Sebenarnya, setiap sekolah atau satuan memiliki kebijakan yang mungkin saja berbeda dalam pelaksanaan kegiatan intrakurikuler. Beberapa contoh kegiatan intrakurikuler yang biasanya dilakukan di sekolah di antaranya adalah :

  • Kegiatan pembelajaran atau belajar mengajar di dalam kelas.
  • Wawasan kebangsaan. 
  • Piket membersihkan kelas. 
  • Upacara hari Senin dan hari besar nasional.
  • Kegiatan senam pagi.
  • Kegiatan peribadatan.

Itulah tadi penjelasan terkait kegiatan intrakurikuler. Semoga dapat bermanfaat.

Bagi bapak/ibu guru yang sedang mencari aplikasi ujian online untuk menjalankan ujian, jangan ragu untuk menggunakan Ujione. Didukung fitur yang mumpuni, aplikasi Ujione dapat membuat kegiatan ujian menjadi lebih mudah dan efisien. Tertarik mencobanya? Kunjungi website kami sekarang juga di www.ujione.id

Mudah mengadakan ujian online serentak dengan Ujione
Dilengkapi juga dengan Quiz, Tugas serta Bank Soal

Trial 30 Hari. Daftar Sekarang
Aplikasi Ujian Online Berbasi Cloud Buatan Indonesia
Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia
© Copyright PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram