Mengenal Disposisi: Pengertian dan Fungsinya

aplikasi ujian online

Disposisi adalah salah satu istilah yang sering ditemui dalam dunia administrasi perkantoran. Biasanya, disposisi dikaitkan dengan kegiatan surat menyurat kedinasan atau perihal administrasi umum. Disposisi bisa dibilang sebagai surat perintah dari atasan kepada stafnya untuk menindaklanjuti surat masuk yang dikirim organisasi lain, perorangan, atau pribadi.

Ingin mengetahui disposisi secara lebih detail? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Disposisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disposisi adalah pendapat seorang pejabat mengenai urusan yang termuat dalam suatu surat dinas, yang langsung dituliskan pada surat yang bersangkutan atau pada lembar khusus. Lembar khusus ini disebut dengan lembar disposisi.

Lembar disposisi diberikan petugas kepada pimpinan untuk mencatat instruksi yang berkaitan dengan penanganan surat masuk. Surat ini kemudian ditujukan kepada staf atau bawahannya. Dengan adanya surat disposisi, bawahan bisa menindaklanjuti perintah yang diberikan oleh atasan. Demikian perintah tersebut bisa dilaksanakan berdasarkan instruksi yang tercatat dalam surat atau lembar khusus.

Isi dari surat disposisi haruslah jelas yaitu memberi informasi berupa instruksi, petunjuk, dan arahan dari pejabat yang lebih tinggi kepada bawahannya terkait apa yang harus dilakukan.

Fungsi Surat Disposisi

Disposisi surat termasuk unsur dan harus ada dalam administrasi sebuah perusahaan. Berikut adalah fungsi dari disposisi surat:

1. Sebagai Upaya Tindak Lanjut

Lembar disposisi berisi instruksi tindak lanjut atasan terhadap suatu masalah dari surat yang masuk. Dengan disposisi ini, staf menjadi tahu apa yang harus dilaksanakan.

2. Koordinasi dan Komunikasi

Surat disposisi menjadi fasilitas atas koordinasi dan komunikasi yang terjalin antara pejabat dengan penerimanya. Dengan begitu, ada penanganan berupa perintah atau pendapat yang bisa dilakukan oleh penerima disposisi.

3. Sebagai Bukti Kepatuhan

Lembar disposisi berlaku sebagai tindakan yang diambil dalam suatu struktur keorganisasian berdasarkan kebijakan dan prosedur yang berlaku. Demikian organisasi tersebut mematuhi peraturan yang diterapkan.

4. Bentuk Transparansi

Melalui disposisi, semua instruksi atau saran pejabat kepada penerimanya tercatat secara transparan. Demikian perintah tersebut dapat dilacak dengan mudah apabila diperlukan.

5. Sebagai Dokumentasi dan Bukti

Lembar disposisi berupa dokumen tertulis yang berisi perintah atau pendapat seorang pejabat. Bentuk fisik ini penting dalam keperluan dokumentasi, audit, hingga bukti jika dibutuhkan.

Itulah penjelasan terkait disposisi, semoga bermanfaat!

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi ujian online, dapat menggunakan aplikasi Ujione. Ujione dilengkapi fitur yang mumpuni sehingga pelaksanaan ujian menjadi lebih mudah dilakukan. Ujione juga dapat diakses di berbagai perangkat sehingga lebih praktis digunakan. Tertarik? Yuk, daftar sekarang!

Mudah mengadakan ujian online serentak dengan Ujione
Dilengkapi juga dengan Quiz, Tugas serta Bank Soal

Trial 30 Hari. Daftar Sekarang
Aplikasi Ujian Online Berbasi Cloud Buatan Indonesia
Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia
© Copyright PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram