Ekonomi adalah salah satu sektor yang juga dapat merepresentasikan keadaan suatu negara. Saat ini, konsep ekonomi semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya orang-orang tua yang bergelut di bidang ini, namun banyak anak muda juga mulai terjun ke dalam dunia ekonomi.
Hal ini juga yang menyebabkan kegiatan ekonomi dapat diakses dari mana saja, termasuk handphone yang selama ini sering kita genggam dan bawa ke mana-mana. Perpaduan antara anak muda yang terjun ke dunia ekonomi dan penggunaan teknologi ini kemudia menghasilkan konsep ekonomi yang semakin modern.
Saat ini, di era globalisasi, konsep ekonomi tidak bisa dilepaskan dari ide-ide yang out of the box atau dikenal dengan ide-ide kreatif atau yang sering disebut dengan istilah “ekonomi kreatif”.
Lalu apa itu ekonomi kreatif? Yuk simak ulasannya di bawah ini!
Ekonomi kreatif memiliki beberapa pengertian yang dikemukakan oleh ahli, seperti
Ekonomi kreatif adalah beberapa upaya pembangunan ekonomi secara berkelanjutan melalui berbagai kreativitas dengan iklim perekonomian yang berdaya saing dan juga memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan (2009)
Dalam buku The Creative Economy: How People Make Money from Ideas, John Anthony Hawkins menyebutkan bahwa ekonomi kreatif adalah sektor ekonomi yang melibatkan bisnis dan organisasi yang menghasilkan nilai dan pendapatan dari produksi, distribusi, pemasaran, dan penjualan karya seni, budaya, dan kreatif lainnya.
Pelaku ekonomi kreatif mencakup barang atau jasa seperti perangkat lunak, film, kerajinan, arsitektur, fashion, televisi & radio, musik, periklanan, penelitian dan pengembangan, seni, penerbitan, permainan video, desain, seni pertunjukan, serta mainan & permainan
Menurut Batara ekonomi kreatif adalah suatu industri yang terfokus pada kreasi dan eksploitasi karya kepemilikan intelektual seperti film, seni, permainan atau desain fashion, dan termasuk layanan kreatif antar perusahan seperti iklan (2007).
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi yang sengaja dikembangkan berdasarkan sumber aset kreatif dan diharapkan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi. Pelaku ekonomi kreatif ini diharapkan dapat memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk menunjang kegiatan berusaha.
Perkembangan ekonomi kreatif memiliki beberapa manfaat, di antaranya:
Pada dasarnya, ekonomi kreatif berasal dari ide-ide kreatif yang dimiliki oleh setiap individu. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa perkembangan ekonomi kreatif sangat bergantung kepada ide-ide kreatif dan inovasi dari sumber daya manusia.
Perusahaan yang bergerak dalam ekonomi kreatif dapat mendistribusikan produk yang mereka miliki secara langsung atau tidak langsung, sehingga produk yang didistribusikan dapat sampai kepada konsumen dengan baik. Proses distribusi disesuaikan dengan jenis usaha yang sedang dijalankan.
Suatu produk yang dihasilkan dari usaha ekonomi kreatif akan mudah diganti dan diubah sesuai dengan keinginan konsumen. Fleksibilitas seperti ini mampu meningkatkan kenyamanan pada konsumen karena merasa kebutuhan atau keinginan mereka dapat dipenuhi oleh sebuah perusahaan.
Ide-ide kreatif dan inovatif akan selalu ada bahkan dapat dikatakan tanpa batasan. Hanya saja tergantung dari kita, apakah ingin mengasah ide-ide kreatif atau tidak. Hal ini juga berlaku saat kita mengembangkan ekonomi kreatif. Kita selalu dapat menciptakan produk-produk yang istimewa tanpa ada batasan.
Salah satu kelebihan dari ekonomi kreatif adalah dapat mengikuti tren dengan mudah. Dengan kata lain, suatu produk yang ingin diciptakan sangat fleksibel karena dapat berubah-ubah, sehingga akan ada banyak konsumen yang ingin membeli produk yang sedang tren.
Seperti pengembangan di sektor lain, saat mengembangkan ekonomi kreatif pun sangat dibutuhkan kerja sama agar usaha yang dibangun menjadi maksimal. Dengan bekerja sama akan lahir banyak ide-ide kreatif yang muncul, sehingga produk yang dihasilkan akan selalu menarik perhatian konsumen.
Ekonomi kreatif mempunyai nilai-nilai budaya, beberapa usaha kreatif yang mengandung nilai-nilai budaya, seperti usaha batik, usaha kerajinan tangan, usaha film, dan lain-lain. Oleh karena itu, produk-produk ekonomi kreatif yang memiliki nilai-nilai budaya bisa di ekspor.
Di antara kita mungkin ada yang ingin terjun ke dunia ekonomi kreatif, namun masih bingung dengan jenis pekerjaan dan usaha apa yang dapat dikembangkan. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan dan usaha ekonomi kreatif yang mungkin dapat menambah pengetahuan kita semua.
Kemajuan teknologi membuat perangkat lunak juga terus berkembang. Pekerjaan yang terkait bidang ini pun juga semakin banyak. Contohnya, di balik aplikasi atau platform yang menjadikan hidup manusia lebih mudah, terdapat para app developer yang membuat dan menguji aplikasi. Ada juga software engineer yang berperan dalam proses analisis & desain pengguna, konstruksi, dan menguji perangkat lunak
Di industri perfilman terdapat production house sebagai perusahaan yang menyokong produksi film. Ada banyak sekali pekerjaan kreatif yang dapat dilakukan di sini, seperti editor film yang bertugas mengedit film supaya lebih menarik di mata penonton.
Gedung-gedung dengan bentuk yang menarik yang sering kita jumpai baik secara langsung maupun yang terdapat di internet merupakan hasil karya arsitektur. Seorang arsitek diharapkan adalah seseorang yang kreatif sehingga mampu merancang bangunan sesuai permintaan klien, namun tetap memiliki ciri khas tertentu. Biasanya, seorang arsitek tidak bekerja sendirian, tetapi tergabung dalam perusahaan yang menyediakan jasa desain bangunan.
Ada banyak sekali pekerjaan kreatif di industri fashion, seperti fashion designer yang mendesain pakaian dan fashion stylist yang memberikan saran dalam berpakaian dan padu padan outfit.
Terdapat berbagai pekerjaan yang terkait dengan kreativitas di bidang penyiaran, seperti penyiar radio dan produser program yang tugasnya bikin program dan menentukan proses produksi.
Jika berbicara tentang kerajinan, maka akan sangat luas cakupannya. Bahan dasarnya begitu beragam dan dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan. Misalnya usaha buket bunga, ornamen pajangan, aksesoris, dan macrame. Selain itu juga ada usaha custom, misal custom furniture, motor, dan pakaian.
Tahukah, bahwa di balik musik yang sering kita dengar terdapat banyak sekali pihak yang terlibat. Mulai dari pencipta lagu, pemain musik, label rekaman sebagai perusahaan yang memproduksi dan menjual rekaman & CD, dan juga sound engineer yang merekam dan mengolah suara dari suatu musik. Bidang ini juga masuk dalam salah satu pekerjaan dan usaha yang bekerja di bidang ekonomi kreatif.
Setiap hari ada banyak iklan yang muncul seperti di baliho, transportasi umum, dan aplikasi. Ternyata di balik iklan-iklan yang sering kita lihat tersebut, terdapat banyak pekerja yang terlibat, seperti KOL specialist sebagai jembatan kerja sama antara perusahaan dan influencer. Lalu ada juga media planner yang merencanakan media apa yang digunakan sesuai dengan produk & permintaan klien.
Proses penelitian & pengembangan memerlukan kreativitas yang tinggi karena terkait dengan inovasi. Divisi ini terdapat di berbagai sektor perusahaan yang memerlukan inovasi secara terus-menerus. Di baliknya juga terdapat ilmuwan dan para ahli dari berbagai bidang.
Desain memiliki banyak jenis sesuai dengan kebutuhan produksi. Misalnya, desain visual identity yang berfungsi untuk mendesain identitas seperti logo. Ada juga desain apparel untuk baju, desain produk untuk barang-barang, dan berbagai desain lainnya.
Seni pertunjukan seperti teater, tari, dan akrobat dijalankan oleh para pelaku seni dengan menuangkan ide kreatif ke dalam pertunjukan. Ide tersebut dapat berupa koreografi yang disusun oleh koreografer dan penata cahaya yang mengatur pencahayaan di pertunjukan.
Para pelaku seni menuangkan kreativitas mereka melalui karya yang dihasilkan. Seni juga memiliki banyak cabang seperti seni lukis, seni patung, dan seni grafis. Pelaku seni-seni tersebut disebut sebagai pelukis, pematung, dan graphic designer.
Dari kecil kita sudah sangat akrab dengan buku. Tapi, tahukah, siapa saja yang bekerja di baliknya? Ternyata ada perusahaan percetakan yang tugasnya menerbitkan berbagai karya, ada penulis, juga ada ilustrator yang menggambar ilustrasi untuk buku.
Video game juga merupakan produk ekonomi kreatif. Di balik visual keren sebuah games, terdapat seorang animator yang membuat animasi dan elemen-elemen visual. Ada juga game writer sebagai pembuat naskah agar game memiliki alur cerita yang menarik.
Itulah tadi penjelasan terkait ekonomi kreatif. Semoga dapat dipahami dengan baik dan bermanfaat untuk teman-teman semua!
Bagi bapak/ibu guru yang sedang mencari aplikasi ujian online yang profesional, dapat gunakan aplikasi Ujione. Ujione dapat diakses baik di PC/Komputer/Laptop juga Smartphone berbasis Android maupun IOS. Hal ini tentu akan sangat memudahkan akses ujian bagi siswa. Guru juga tidak perlu repot menggandakan soal hingga berlembar-lembar. Praktis dan mudah bukan? Yuk tunggu apalagi? Gunakan sekarang juga aplikasi Ujione sebagai teman melaksanakan ujian! Gratis selama 30 hari dengan dukungan fitur penuh!